Minggu, 02 September 2012

Tips Cara Ampuh Membuat Jaringan Hotspot Pribadi


Tips Cara Ampuh Membuat Jaringan Hotspot Pribadi - Pernahkah diantara anda yang ingin sekali membuat jaringan hotspot dengan laptop pribadi dan bisa berbagi wifi dengan komputer lain atau handphone android, ipad, iphone anda?? ternyata anda tidak perlu menggunakan software tampahan hanya anda perlu device wireless pada perangkat yang anda pakai.
Sebenarnya kita akan membuat suatu jaringan adhoc, yang menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya ataupun device lainnya. Jaringan adhoc biasanya digunakan untuk bermain game multiplayer antara beberapa komputer, berbagi internet, file sharing, dan lain sebagainya.
Saya pribadi menggunakan jaringan hotspot pribadi karena kawan-kawan saya sering maen kerumah saya dan saya harus mensharing koneksi internet saya untuk bersama kita akses dan maen game juga tentunya.
Bagi anda yang belum tahu pengertian tentang adhoc akan saya jelaskan terlebih dahulu, adhoc merupakan desentraliasi dari jaringan wireless, disebut adhoc network karena tidak bergantung pada infrastruktur yang sudah ada, seperti router dalam jaringan kabel ataupun Access Point pada jaringan nirkabel.

Dalam Adhoc network, setiap node bertugas dalam merouting data kepada node lain, jadi penentuan node mana yang mengirimkan data dibuat secara dinamis berdasarkan konektivitas dari jaringan itu sendiri. Dalam tutorial singkat ini IT Newbie mau memberikan Tips Cara Ampuh Membuat Jaringan Hotspot Pribadi

Untuk anda yang ingin membuatnya anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1.Buka control panel - Network and Internet - Network and Sharing Center (Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center).
2.Pada bagian sebelah kiri klik Manage Wireless Network.
3.Klik add kemudian Create an ad hoc network.
4.Klik aja next.
5.Kamu akan diminta memasukkan Network Name (Isi apa aja).
6.Security Type bisa pilih Open (Ga pake Password), WEP atau WPA2.
7.Apabila memilih WEP atau WPA2 masukkan password yang akan digunakan pada Security Key.
8.Centang Save this network kemudian klik next
9.Tunggu sampai windows selesai mengkonfigurasi network anda

Sampai disini hotspot anda sudah jadi, silahkan scan pada device lain maka akan terlihat akses point sesuai nama yang dimasukkan pada step 5 sebelumnya. tapi kemungkinan besar koneksi internetnya belum dapat dishare. untuk dapat share koneksi internet ikuti langkah berikut ini :


1. Masih pada Network and Sharing Center Klik Change Adapter Setting yang ada di bagian sebelah kiri.
2. Kemudian klik kanan pada adaptor atau device yang digunakan untuk terhubung ke internet. misalnya kamu menggunakan modem 3g, maka klik kanan pada modemnya dan pilih properties.
3. Pilih tab Sharing
4. Beri tanda centang pada Allow other network users to connect through this computer's internet connection.
5. Hilangkan tanda centang pada Allow other network users to control or disable the shared internet connection.
6. Kemudian klik OK.

Bagaimana mudah bukan??
dengan mengikuti langkah diatas saya dapat mensharing koneksi internet saya dengan kawan yang membawa laptop, handphone android semuanya dalam satu koneksi.

Sekian semoga bermanfaat.
Apabila ada yang kurang jelas anda bisa komentar di bawah ini..:)




Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML